Panduan Dasar Mudah Dan Lengkap SEO untuk Para Blogger Pemula - Life Daily

Advertise the footer of the article

Panduan Dasar Mudah Dan Lengkap SEO untuk Para Blogger Pemula

SEO (Search Engine Optimization) atau dalam bahasa indonesia Optimasi Mesin Telusur sedikit berubah saat pembaruan Hummingbird Google banyak poin dalam pengoptimalan mesi telusur (SEO) dan pertanyaan baru muncul.

Panduan-Dasar-Mudah-Dan-Lengkap-SEO-untuk-Para-Blogger-Pemula

Optimasi mensin telusur sering menjadi acuan seseorang untuk menghitung seberapa tinggi situs web yang dimiliki baik di mata Google ataupun pengguna internet.

Bila dilihat secara terpisah, perubahan yang terjadi mungkin tidak terlalu tampak

dan mungkin dampak nyatanya tidak terlalu dibahas. Memang benar, disini juga tidak membahas itu. Walaupun sekarang banyak sekali artikel yang membahas SEO, tetapi pertanyaan ini masih saja muncul.
  • Apa itu SEO?
  • Bagaimana Mengoptimalkannya?
  • Mulai dari mana kita belajar SEO?
  • Apakah pengoptimalan situs web/blog harus dilakukan oleh pro?
  • Bisakah kita mengoptimalkannya sendiri?
  • Apa yang harus Anda ketahuin untuk hebat dalam SEO?
  • Apa yang diperlukan untuk memulai pengoptimalan?
  • Haruskah saya menyewa jasa SEO?dll
Semua jawaban pertanyaan diatas dan lainnya ada disini. Jangan pindah ke sana, bacalah panduan ini. Karena panduan ini ditulis dengan segenap hati dan berdasarkan sumber yang terakreditas, terpercaya, juga termantul. Sebelumnya apa Anda sudah siap? Siap pusing ? Hehe, hanya bercanda. Saya harap kalian siap sedia yike.

1. Pertama-tama, Mengenal Apa itu SEO? SEO Adalah
singkatan dari Search Engine Optimization Tidak perlu bahas panjang,  artinya Pengoptimalan Mesin Telusur. Tujuannya jelas, SEO mengartikan pengoptimalan seutuhnya. Tidak peduli seberapa besar situs web Anda atau seberapa kecil blog Anda. Jika SEO website besar Anda jelek pastinya situs Anda tidak benar-benar besar dan juga jelek di mata mesin telusur.
Apa Tujuan SEO?
  • Tujuan utama seo adalah Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet agar mendapat pengunjung sebanyak-banyaknya. Sebagaimana Anda pahami, dengan riset kata kunci yang benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapai, tujuan utama SEO di atas akan dicapai. Jika tujuan SEO Anda tercapai, dipastikan akan banyak trafik tertarget menuju situs web atau halaman web yang Anda optimisasi untuk mesin pencari. Semakin banyak trafik tertarget, maka potensi tercapainya objektif atau tujuan akhir dari situs Anda akan semakin tinggi.
  • Apa Manfaat SEO?
  • Manfaat seo adalah efek dari tujuan seo yang teracapai jadi manfaat seo akan sangat terasa jika tujuan seo Anda terlebih dahulu tercapai, berikut manfaat seo setelah tujuan seo tercapai: Meningkatnya popularitas dan otoritas situs web Anda
  • Meningkatnya brand, dan kepercayaan konsumen atau komunitas terhadap perusahaan, situs, personal Anda
  • Meningkatnya harga produk jika situs Anda berkategorikan oline shop atau agen penjualan lainnya.
  • Peningkatan trafik pengunjung yang signfikan adalah yang paling Anda rasakan dari manfaat seo seiring berjalannya waktu
2. Selanjutnya, Seo Optimization Do Seo Optimization
  • Secara umum, ada dua jenis optimasi pada SEO. Jenis pertama Seo Optimization adalah
  • Optimasi Halaman atau Optimalisasi On-Page (Optimasi SEO On-Page) dan yang kedua adalah
  • Off-Site Optimization (Off-page Optimization SEO).
Optimasi Mesin Pencari sangat penting, saya menekankan betapa pentingnya SEO dalam situs web Anda. Optimalisasi dapat dilakukan dengan mengikuti aturan yang dibuat oleh bot Google. Bisa juga dengan menyewa jasa SEO yang akan menggantikan Anda dalam urusan SEO "dengan bayaran", tentunya. Tetapi seperti yang mereka katakan "Jika mereka bisa mengapa kita harus?", Benar ?, Tidak! Saya tidak terlalu serius tentang kutipan itu. Jangan biarkan mereka melakukannya untuk Anda, mengapa mereka harus melakukannya? Kenapa tidak kamu? Itulah yang harus Anda taruh dalam pola pikir Anda. Lalu bagaimana? Ada banyak yang harus dilakukan dalam optimasi SEO dan secara penuh sebenarnya ada 2 jenis optimasi lain yang sering dipisahkan dari dua jenis utama optimasi dalam SEO. Dua optimasi lainnya adalah Optimasi Domain dan Optimasi Kata Kunci dan Lainnya. Bersama dengan Off Page Optimization, kedua jenis optimasi termasuk dalam kategori optimasi lanjutan.

SEO On Page Optimization Prefix
Optimasi Halaman (SEO On-Page) Kuasai Dasar-Dasar SEO Dasar (dasar) SEO adalah hal pertama yang harus Anda pahami dengan baik. SEO dasar tidak terlalu banyak mungkin ini yang paling mudah karena lebih mudah daripada menyentuh dasar-dasarnya. Optimalisasi mesin pencari hanya memengaruhi hasil pencarian, bukan hasil berbayar atau "iklan" seperti Google Adwords, tidak nyaman bahwa kadang-kadang mereka akan mendengar di atas SERP meskipun beberapa konten diabaikan. SEO dasar pada optimasi halaman salah satu langkah untuk mengoptimalkan mesin pencari, ikuti cara mengoptimalkan SEO pada halaman di bawah ini:

Cara Mengoptimalkan Seo Di Halaman
Jadikan judul halaman Anda unik dan akurat Inilah yang membuat judul halaman Anda unik dan akurat

Masukkan judul halaman menggunakan tag judul.
Tag judul memberi tahu pengguna dan pengunjung Anda topik apa yang dibahas di halaman Anda.
Tag dimulai <title> dan berakhir </title>. Idealnya, sebuah judul diperlukan pada setiap halaman di situs itu apakah itu situs por * o, situs ollshop, situs berita, dll.
* Judul dapat memberitahu pembaca Anda secara langsung nama situs web / bisnis dan termasuk sepotong kecil informasi penting seperti lokasi bisnis atau mungkin menjadi pengingat pagi pembaca ketika ia mendapatkan sesuatu yang menurutnya unik dan menarik untuk dibaca. kembali ke situs Anda.

Kiat untuk membuat judul halaman Anda Uraikan konten dengan akurat

Pilih judul yang efektif dan akan segera menyampaikan topik apa konten halaman itu. Buat tag judul untuk setiap halaman

Judul (h1, h2, h3, dan sebagainya) Setiap halaman yang diberi tag judul akan membantu Google mengetahui perbedaan antara halaman-halaman ini dan halaman-halaman lain di situs Anda.
Judul pendek tapi deskriptif
Singkat dan informatif artinya. Jika terlalu lama, itu hanya sia-sia karena Google hanya menunjukkan sebagian dari hasil pencarian ada batasan karakter dalam penulisan judul

Buat konten halaman (salinan tubuh), dalam bentuk kata kunci dan kata-kata terkait seperti sinonim dan variasi kata. Gunakan tag meta "deskripsi"

Menginstal meta tag deskripsi pada halaman memberi Google dan mesin pencari lainnya ringkasan halaman.
Tag meta dimulai dengan <meta name = "descripion" content = "diakhiri dengan kalimat deskripsi">.
Setiap tag meta deskripsi dapat ditulis dalam bentuk kalimat atau dua paragraf atau paragraf pendek, berbeda dari judul halaman yang hanya dapat ditulis dalam beberapa kata atau frasa.
Tag meta deskripsi penting karena Google dapat menggunakannya sebagai ringkasan tentang halaman Anda.

Kiat untuk membuat tag meta deskripsi Buat ringkasan konten

setelah meringkasnya, buatlah kalimat deskriptif yang akan memberi informasi dan menarik perhatian pengguna jika mereka melihat meta tag deskripsi Anda sebagai cuplikan dalam hasil pencarian.

Gunakan deskripsi unik dan menarik. Memiliki deskripsi meta tag yang berbeda di setiap posting dapat membantu pengguna dan mesin pencari terutama jika dalam pencarian deskripsi terlihat unik dan menarik.

Jadikan URL Anda terstruktur. URL sederhana dapat memberi pengguna pemahaman tentang apa kontennya. Url dapat menyesatkan pengguna atau mesin pencari. Pengguna akan mengalami kesulitan mengutip URL dari ingatan mereka jika URL terlalu panjang atau URL konten tidak relevan. Google adalah pakar dalam mengenali jenis struktur URL, walaupun URL-nya cukup rumit, tetapi ada baiknya jika Anda meluangkan waktu untuk membuat URL Anda sesederhana mungkin, baik untuk pengguna maupun mesin pencari. Jika URL berisi kata-kata yang relevan, maka URL akan memberikan pengguna dan mesin pencari informasi lengkap tentang posting. Terakhir, ingatlah bahwa URL ditampilkan sebagai bagian dari hasil pencarian di Google.

Kiat untuk Membuat URL ramah Gunakan kata-kata yang relevan di URL Dikoreksi dan siapkan URL dengan kata-kata yang relevan dengan konten dan struktur situs akan lebih ramah bagi pengguna dan mesin pencari. URL dengan kata-kata yang tepat dapat membuat peringkat URL Anda ke atas. Pengunjung akan mengingat URL yang relevan lebih dari URL gado.

Buat struktur navigasi sederhana
Gunakan struktur yang mengatur konten Anda dengan baik dan memudahkan pengguna / pengunjung untuk mengetahui ke mana mereka pergi.
Cobalah untuk membuat struktur navigasi sesuai dengan URL yang dimaksudkan untuk menunjukkan konten dalam URL.
Buat tautan kanonik "rel =" kanonik ""
Ini berguna untuk mencegah pengunjung tersesat jika mereka pergi ke versi URL yang berbeda.
Biasanya hanya ada satu tautan kanonik.
Tautan eksternal ke situs otoritas seperti perusahaan dan organisasi penting. Sekali lagi, gol
On-Page Optimization ini bertujuan agar halaman web Anda relevan (atau sangat, sangat relevan) dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna internet sehingga waktu pengguna di halaman web Anda semakin lama (dan ini semakin baik!).

Juga kembalinya pengunjung lama ke halaman web Anda menunjukkan bahwa situs web Anda relevan, unik, dan memiliki informasi mendalam dan berharga yang dibutuhkan pengunjung situs web Anda sesuai dengan kata kunci yang Anda sebarkan di elemen halaman web Anda. Karena SEO On-Page terkait dengan HTML, blogger atau skrip php untuk WordPress, pemahaman tentang HTML, tag blogger, atau bahasa php diperlukan untuk menghindari kesalahan saat mengoptimalkan halaman.

Lanjutan, Optimasi SEO On Page Optimasi Off Page (Optimasi SEO Off Page)
atau Off-Site Optimization (Off-Site SEO Optimization) adalah proses di mana Anda meningkatkan nilai (popularitas) faktor-faktor di luar situs Anda yang mempengaruhi peringkat halaman web Anda sesuai dengan kata kunci yang Anda gunakan. Metode optimasi seo off page termudah dan paling banyak digunakan oleh blogger pemula adalah dengan menanam backlink, gunakan metode optimasi seo off page dengan backlink di bawah ini:
Bagaimana cara mendapatkan backlink? Cara cepat
  • Tautan balik dari situs web bookmark sosial (Lintas.me, bookmark Google, Digg, dll.) Tautan balik dari media sosial (Facebook, Tweeter, Google+, Youtube, dan lainnya)
  • Tautan balik dari forum online (Kaskus, Merdeka, Detik, Sosial, Kompas, dll.) Tautan balik dari komentar di blog (blog walking atau komentar blog)
  • Tautan balik dari direktori web
  • Tautan balik dari artikel yang Anda publikasikan di situs artikel
  • Tautan balik dari atribut profil di situs Web 2.0 (Blogspot, WordPress, Blog Detik, Weebly, dll.) Dan lainnya.
Proses optimasi di luar situs atau SEO di luar situs harus dilakukan secara bertahap, berkala dan berkelanjutan, misalnya setiap hari atau setiap minggu. Cobalah dapatkan hanya 10 tautan dalam sehari penuh. Jika suatu saat dua puluh empat jam Anda mendapatkan 10.000 backlink, saya dapat menjamin situs / blog Anda akan diblokir karena dianggap tidak wajar dan dipandang sebagai upaya untuk menipu mesin pencari untuk mendapatkan peringkat. Mesin pencari telah mengetahui trik kuno ini untuk waktu yang lama, terutama setelah pembaruan berdengung. Jadi jangan seperti itu. Adapun jalan yang dilalui dalam rangka membangun backlink yang berkualitas adalah sebagai berikut:
  • Melalui Direktori Artikel
  • Melalui Blogwalking
  • Menjadi Blogger Tamu
  • Melalui Forum Tanda Tangan
  • Melalui Situs Bookmarking Sosial
  • Melalui Media Sosial
  • Melalui Siaran Pers
  • Melalui Web 2.0
Mengapa menggunakan jalan di atas dalam mengerjakan backlink berkualitas? Karena untuk membangun backlink berkualitas idealnya menerapkan proses yang paling tepat untuk menghasilkan sesuatu yang baru, apa pun itu, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Sebagai contoh,

Tautan Balik Melalui Forum Tanda Tangan 
Saat ini ada banyak forum yang bisa kita temukan di internet, mulai dari forum gamer, penerbit, hingga forum wirausaha. Salah satu forum yang sangat terkenal adalah kaskus.co.id, berbagai topik dibahas dalam forum ini.

Cara Anda dapat menemukan referensi yang menurut Anda baik untuk dibagikan di forum dan memperkenalkan produk, situs / blog Anda secara perlahan.Alat Seo

ALAT WEBMASTER GOOGLE

Dengan Alat Webmaster Google. Anda perlu mempelajari cara menautkan situs web Anda dengan Alat Webmaster Google. Untuk Anda pengguna blogspot (atau blogspot yang beralih ke TLD, Anda tidak perlu lagi mendaftarkan blog Anda, karena itu terhubung secara otomatis ketika Anda masuk ke akun blog Anda. Anda dapat mengunjungi halaman alat webmaster Google di https: // www. google.com/ webmasters / tools / Jika Anda tahu cara menggunakan Google Webmaster Tools, maka Anda akan dapat memantau banyak hal mulai dari pengembangan situs web Anda, mulai dari variasi kata hingga perayapan kesalahan. Untuk panduan lengkap Anda dapat googling CARA UNTUK GUNAKAN ALAT WEBMASTER GOOGLE.

WAWASAN PAGESPEED
Alat yang memeriksa dan memberi saran untuk mengoptimalkan kecepatan halaman ini disediakan oleh Google. Jadi silakan kunjungi halaman wawasan kecepatan halaman di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ Cukup ketik URL dan tekan enter.

UJI RAMAH MOBILE
Untuk menggunakan alat SEO dan memeriksa apakah situs web Anda mobile-friendly, Anda dapat mengaksesnya di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ Cukup letakkan URL Anda di alat dan tunggu hasilnya sebentar. .

SEOQUAKE 
ini menyediakan banyak parameter yang dapat Anda pilih untuk melihat pertumbuhan situs web Anda dan situs web lainnya.

UBERSUGGEST 
Meneliti kata kunci dengan ubersuggest di https://ubersuggest.io/ cara menggunakannya di sana Anda dapat membaca dengan cara yang mudah untuk meneliti kata kunci

ADWORDS KEYWORD PLANNER
Ini adalah alat SEO yang dapat Anda gunakan untuk menilai potensi lalu lintas yang bisa Anda dapatkan. Ini adalah salah satu alat penting jika Anda ingin mengukur seberapa besar potensi pasar Anda dari kata kunci. Untuk lebih memahami perencana kata kunci, Anda dapat membaca artikel CARA MELAKUKAN PENELITIAN KUNCI.

GOOGLE TREND 
Jika Anda menggunakan perencana kata kunci, maka untuk mengetahui tren kata dari waktu ke waktu Anda harus menggunakan Google Trend. Google Trend akan segera menyajikan topik apa pun yang naik pada saat itu

AHREF
Memantau backlink Anda. Dengan alat ini Anda bisa mengetahui pengembangan backlink dan kata kunci Anda. Mungkin sudah waktunya bagi saya untuk mengakhiri panduan ini, ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan Seo dari masing-masing situs Anda, silakan lakukan.
Terakhir, lakukan Tugas Optimasi Seo
Tugas: Mulai mengoptimalkan situs Anda tanpa bantuan orang lain, kecuali Google.
Kesimpulan 
Artikel ini dibuat melalui proses yang membutuhkan waktu dalam pengerjaannya. Begitu pula dengan Belajar Seo. Melakukan Optimisasi Seo membutuhkan proses yang cukup memakan waktu. Itu tidak bisa dilakukan secara instan. Diharapkan kalian dapat memulai proses itu sesegera mungkin dan menindaklanjutin secara keseluruhan seo situs anda.
Sejatinya sukses mustahil ada jika tidak melalui sebuah proses, maka dari itu marilah membuat komitmen untuk memulai proses optimisasi seo dan melihat hasilnya. Saudaraid keluar, Trims.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel